Ketika mengikuti kegiatan PLPG TIK Rayon 36 Universitas Siliwangi di Wisma Dewi, saya cukup tertarik sekaligus penasaran dengan salah satu teman satu kelas pada pelaksanaan kegiatan PLPG yaitu Bapak Isep Ulumudin yang melontarkan pernyataan di forum tentang “Video Tutorial Microsoft Word” yang dibundel dalam VCD/CD yang dapat diputar menggunakan Home VCD player atau bisa juga diputar menggunakan komputer, yang kalau gak salah dibeli dengan harga 75 ribu (leres teu pak Isep…?). Yang menjadi penasaran adalah bagaimana cara membuat “Video Tutorial Microsoft Word” tersebut? Apakah menggunakan handycam atau camera kemudian disorot ke layar monitor komputer (untuk menghasilkan video) kemudian kita berbicara bagaimana langkah-langkahnya penggunaannya (untuk menghasilkan audio). Setelah browsing menggunakan mang google, ternyata untuk membuat Video Tutorial tersebut hanya menggunakan software untuk meng-capture atau merekam aktivitas screen (layar monitor), file yang dihasilkan akan berbentuk video audio dengan format bermacam-macam sesuai yang kita inginkan, bisa avi, swf, wmv, dan lain-lain atau apabila kita ingin video tersebut dapat disimpan dalam format .vob (untuk DVD) supaya dapat dijalankan pada Home DVD player di rumah, kita tinggal convert aja menggunakan ImTOO DVD Creator. Dengan adanya software ini kita dapat membuat bermacam-macam video tutorial mulai dari video tutorial tentang Microsoft word, excel, adobe photoshop, dll. Sekarang, apa sajakah yang perlu dipersiapkan …? Yang perlu dipersiapkan adalah :

1. Komputer /laptop.
2. Headphone – lengkap dengan microphone.

Diantara software untuk membuat video tutorial tersebut diantaranya :

1. Free Screen Recorder
Rekam Aktivitas Layar dengan Free Screen Recoreder : Untuk membuat CD tutorial atas program-program tertentu dibutuhkan dukungan rekaman (record) layar / screen. Untuk tujuan itu dibutuhkan program / software yang dapat merekam layar. Di internet, kita dapat menemukannya dengan mudah, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Bagi yang berkantong tebal, mungkin tidak menjadi masalah. Bagi yang berkantong tipis, tidak perlu kuatir, karena banyak program gratisan yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan yang berbayar. Salah satu freeware tersebut adalah Free Screen Recorder. Dengan freeware ini, kita dapat membuat rekaman pada layar/screen dengan mudah dalam format avi.
Freeware dengan ukuran file yang lumayan kecil ini dapat Anda download di http://www.nbxsoft.com/screen-recorder.php.

Setelah berhasil mendownloadnya, kita dapat langsung menjalankannya.
Sebelum melakukan perekaman, kita dapat melakukan pengaturan terlebih dahulu, seperti pengaturan untuk area rekaman yang dapat diatur melalui menu General Option, opsinya adalah normal region, fixed region, dan full screen.
Freeware yang berkapasitas 592 Kb ini memberikan opsi atas aktivitas mouse, di mana kita dapat menampilkan atau pun menyembunyikannya pada saat recording. Pengaturan lainnya adalah pengaturan hasil video yang mencakup video codec, framerate, audio codec dan frequency.
Selain dapat merekam aktivitas layar, Anda pun dapat merekam audio dengan format yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan mengakses menu Option – Audio Options.
Selain itu, untuk kepraktisan dalam mengoperasikannya, freeware ini menyediakan Hotkeys untuk Record/Pause (F8), Stop (F9), dan Escape (membatalkan) rekaman.
Untuk lebih jelasnya, silakan mencoba sendiri, ya!!

2. CamStudio 2.5
Freeware ini dapat juga kita gunakan untuk merekam webcam dari lawan chatting kita, yaitu CamStudio 2.5. Selain itu, freeware ini dapat juga digunakan untuk merekam video atau animasi dari screen atau desktop. Ada dua pilihan format video yang dihasilkan, yaitu swf dan avi.
Dengan freeware ini, kita dapat membuat tutorial animasi sederhana yang disertai dengan audio. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan melalui menu options > audio options. Namun sebelumnya pastikan Anda memilih (mencentangi) Record audio from microphone pada menu options.
Jika menginginkan, Anda juga dapat menyembunyikan kursor yang dapat mengganggu hasil rekaman Anda tersebut dengan melakukan pengaturan lewat menu options > cursor options. Kemudian Anda juga dapat mengatur agar program minimize secara otomatis setiap kali memulai perekaman melalui pengaturan pada menu options > program options > minimize on start recording.
Pengaturan yang lain adalah pilihan area atau region yang akan direkam, yaitu region, fixed region, windows, dan full screen.
Jika tertarik, Anda dapat mengunduhnya di http://camstudio.org/dev/ dengan besar file 1,2 MB (format ZIP).

3. Freez Screen Video Capture
Freeware ini juga dapat kita gunakan untuk merekam aktivitas layar, yaitu, Freez Screen Video Capture. Walaupun tidak “sebagus” Camstudio atau pun Free Screen Recorder, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya.
Freeware yang mempunyai ukuran file yang kecil ini (sebesar 655 KB) memberikan opsi penyimpanan hasil perekaman ke dalam berbagai format file video, antara lain *.avi, MP-4, atau DivX. Selain itu, dengan freeware ini pula, kita dapat melakukan perekaman audio yang juga tersedia berbagai pilihan format file audio, seperti *.wav, PCM, ADPCM, MP3, OGG, dan lain-lain. Dengan demikian, kita dapat membuat file video untuk program tutorial atau demo program lainnya dengan mudah yang disertai dengan suara.

a. Sebelum menggunakannya, silakan untuk melakukan download file-nya di http://www.topviewsoft.com/Download/Topviewsoft_ScreenVideoCapture.exe

b. Jika sudah, silakan untuk melakukan penginstallan pada PC atau laptop Anda.

c. Sebelum melakukan perekaman pada layar atau screen, Anda dapat melakukan pengaturan terlebih dahulu melalui menu Option.

>> Untuk melakukan pengaturan daerah yang direkam, Anda dapat memilih di antara kedua opsi yang ada, yaitu Normal Region dan Fixed Region.

>> Untuk melakukan pengaturan kualitas video yang dihasilkan, Anda dapat memilihnya pada menu Compressor. Di sana, Anda dapat memilih berbagai format video yang ada, antara lain, *.avi, MP-4, atau DivX.

>> Untuk melakukan pengaturan audio, Anda harus mencentangi “record audio” dan kemudian pilihlah kualitas suara yang Anda kehendaki. Untuk dapat melakukan perekaman audio (suara) ini, Anda harus menggunakan mic.

>> Anda juga dapat melakukan pengaturan hotkeys sesuai kehendak Anda dengan melalui menu Hotkeys & Advanced Options.

>> Selain itu, Anda dapat mengatur agar program melakukan minimize ketika sedang melakukan perekaman dengan mencentagi pada Minimize on start recording. Selain itu, Anda dapat mencentangi pada “record cursor jika menginginkan cursor ikut terekam.

d. Setelah selesai melakukan pengaturan, Anda dapat memulai melakukan perekaman dengan menekan button record.

e. Kemudian arahkan cursor sesuai ke daerah sesuai kehendak Anda. Dengan sekali klik maka Freez Screen Video Capture akan segera melakukan perekaman.

f. Jika dirasa sudah selesai, klik STOP.

g. Ketika kita menekan stop maka secara otomatis freeware ini akan melakukan penyimpanan hasil rekaman tersebut. Anda dapat mengarahkan penyimpanan hasil rekaman tersebut ke folder yang Anda inginkan. Namai file hasil rekaman tersebut sesuai dengan keinginan Anda.
h. Setelah file-nya tersimpan, freeware ini langsung melakukan proses convert dan secara otomatis menampilkan player sehingga kita dapat memutar dan melihat langsung hasil rekaman tersebut. Dengan demikian jika dirasa kurang cocok, Anda dapat menghapusnya dan melakukan perekaman kembali.

i. Selesai
Jika tertarik, silakan mendownloadnya http://freez-screen-video-capture.en.softonic.com/

OS Requirements : Win98/98SE/Me/2000/XP

4. Any Screen Capture
freeware ini juga dapat digunakan untuk mencapture (menangkap) screen atau layar. Hasilnya dapat disimpan dengan berbagai format image yang umum, yaitu BMP, JPEG, GIF, PNG, atau TIFF. Freeware ini sangat cocok digunakan oleh para blogger atau para tentor lainnya dalam membuat tutorial yang membutuhkan capture dari screen.
Kelebihan freeware capture screen ini adalah mampu mencapture screen dengan berbagai mode, antara lain square (bujur sangkar), rectangle (persegi panjang), ellips, polygon, circle (lingkaran), free hand, dan dapat juga mencapture bar menu dan cascaded menu. Tentunya, tidak ketinggalan mode capture pada umumnya seperti capture desktop, capture windows, atau control/buton/childwindow. Selain itu, freeware ini dapat digunakan untuk men-grab (mengambil) image dari DVD atau games. Untuk memulai mencapture, kita dapat mengaksesnya melalui menu Capture.
Kelebihan lainnya adalah sebelum disimpan, kita dapat mengedit dan mengkustomasi image hasil capture tersebut terlebih dahulu. Kita dapat mengubah ukuran image, merotasi image, mengatur kontras dan brightness image bahkan memberi efek pada image. Untuk tujuan tersebut, kita dapat mengakses melalui menu Operation.
Selain itu, kita dapat menambahkan bentuk-bentuk gambar pada image hasil capture seperti garis, tanda panah, bujur sangkar, polygon, dan juga teks atau tulisan sehingga menjadi lengkaplah freeware ini.
Untuk info dan download dapat dilihat di http://www.any-capture.com/

5. Camtasia Studio
Untuk yang terakhir ini adalah software yang tidak gratis alias harus beli dulu, harganya kurang lebih Rp. $ 299. Pak atep, pak isep, pak eri, bu elly de el el, kalo mau beli silahkan pesan ke http://www.techsmith.com/camtasia.asp. Mahal pisan eung……kalau mau gratis cukup kirim aja pesan ke facebook saya.. hehe… tapi di kelas 1 teu kenging ngajar tentang UU HAKI, bilih kasindiran….

Semoga bermanfaat buat kita sesama pengajar.
Terima kasih